Dampak Proyek Milik Pemda Lebak, Bangunan SMKN 1 Sobang Terancam Roboh

Kondisi bangunan gedung sekolah SMKN I Sobang yang berlokasi di Desa Ciparasi, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)
Kondisi bangunan gedung sekolah SMKN I Sobang yang berlokasi di Desa Ciparasi, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Bangunan gedung sekolah dan perpustakaan SMKN I Sobang yang berlokasi di Desa Ciparasi, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak terancam roboh.

Pasalnya, lokasi bangunan SMKN dan Perpustakaan itu hanya berjarak sekitar satu meter dari lokasi proyek pengerjaan Embung yang dibiayai APBD Lebak 2020 senilai Rp560.609.000.

Akibat dari proyek tersebut, tanah di sekitar lokasi bangunan SMKN dan Perputakaan tersebut amblas. Bahkan, beberapa bagian bangunan mulai retak.

Heri Mulyanto, Kepala Sekolah SMKN I Sobang mengaku khawatir bangunan sekolah akan roboh jika tidak dilakukan pencegahan.

Heri mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak pelaksana proyek Embung, yakni CV. Lukia Persada Utama dan Kabid Irigasi pada kantor Dinas PUPR Lebak. Saat ini, pihak Pemda Lebak tengah berupaya memasang bronjong agar bangunan SMKN I Sobang tidak roboh.

Namun Heri sangat menyayangkan, dalam pelaksanaan proyek pembangunan Embung itu diduga tidak matang dalam perencaanan. Sebab, lokasi Embung yang dibangun berdampingan hanya berjarak satu meter dari bangunan sekolah ke bibir Embung dengan ketinggian yang lumayan curam.

"Tanah sekitar bangunan sekolah dan perpustakaan ini labil dan gembur, sekarang amblas mengancam bangunan sekolah dan perpustakaan. Kami tidak mau tahu, pihak pelaksana proyek harus memperbaiki tanah yang amblas ini, jangan sampai bangunan sekolah ini ambruk," kata Heri, Jumat (14/8/2020).

Hingga berita ini dilansir, TitikNOL belum melakukan konfirmasi kepada pihak CV. Lukia Persada Utama dan Dinas PUPR Bidang SDA. (Gun/TN1)

Komentar